pmb

Mandi Setelah Makan


an image

Makan merupakan kegiatan rutin untuk memberikan gizi penting bagi tubuh, sebagai modal kekuatan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun,

Homoseksual Mengancam Negeri


an image

Belum juga reda kekagetan masyarakat dengan kejahatan pedofilia di Jakarta International School (JIS), masyarakat lebih dikejutkan lagi dengan

Nabi Muhammad SAW menurut Tokoh tokoh Dunia


an image

Setiap manusia pasti memiliki seorang idola untuk dijadikan panutan, kita sebagai muslim tentunya mengenal nabi kita sendiri yakni Nabi

Mudahnya Menyuruh Orang Lain


an image

Banyak karakter atau sikap manusia yang dengan pe-de nya menyuruh-nyuruh orang lain untuk mengerjakan sesuatu, terutama seorang pemimpin,

5 Tips Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad


an image

1. Rasulullah tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan. Gaya hidup yang dijalani oleh Nabi Allah yang terakhir

Setiap orang pasti menginginkan kemudahan dan keringanan dalam melakukan sesuatu, rasanya tidak ingin kita merasa susah dan sulit dalam menjalani hidup ini, khususnya didalam kehidupan masyarakat, yang mana meliputi banyak aspek dan banyak sekali masalah hidup yang kita alami.

Setiap orang juga pasti mempunyai urusannya masing-masing, dan tentunya setiap orang mempunyai urusan yang berbeda-beda, tergantung apa yang diinginkannya, untuk itulah dalam menyelesaikan setiap urusan pasti menginginkan kemudahan, ingin cepat selesai dan tidak ribet. Misalnya ingin minta bantuan kepada teman, ingin cepat menyelesaikan pekerjaan atau tugas pendidikan, ingin diberi petunjuk jalan dsb, masih banyak urusan yang ingin sekali diberi kemudahan.

 

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا...

 

“Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat maka kejahatan itu bagi dirimu sendiri...” (QS. Al-Isra'/ 17 ayat 7)

 

Hidup didunia sebenarnya bukan milik sendiri, kita sebagai seorang muslim haruslah saling membantu, tidak pandang suku, sedulur, derajat, siapapun orangnya harus kita bantu ketika dalam kesusahan, bahkan kepada orang non-islam pun kita dianjurkan untuk membantu dan memberikan kasih sayang.

Dalam hadits disebutkan :

Perumpamaan kaum mukminin dalam kasih sayang, sikap rahmah, dan sikap lembut antar mereka adalah seperti satu tubuh. Jika satu anggota tubuh mengeluh kesakitan, maka seluruh badannya akan merasakan sakit.” (HR Bukhari No. 5552, dan Muslim No. 4685)

Untuk itulah kalau kita ingin dipermudah urusannya hendaklah kita juga saling membantu dan memudahkan orang lain, karena Allah akan membantu urusan kita agar lebih mudah.

Jangan hanya ingin dipermudah tapi kita sellau menyulitkan kebutuhan orang lain saja, karena besok di Hari Kiamat kita juga akan dipermudah dan diringankan oleh Allah jika kita selalu menolong sesama manusia, sebagaimana Nabi Muhammad pernah berkata dalam Hadits Riwayat Muslim No. 4867 :

Barangsiapa yang meringankan dari seorang mukmin satu kesulitan dan kesulitan-kesulitan dunia, maka Allah akan ringankan untuknya satu kesulitan dari kesulitan-kesulitan Hari Kiamat. Barangsiapa yang memudahkan seorang yang mengalami kesulitan, maka Allah akan beri kemudahan untuknya di dunia dan di akhirat. Barangsiapa yang menutupi aib seorang muslim maka akan Allah tutupi (aibnya) di dunia dan di akhirat. Allah akan senantiasa menolong hamba selama sang hamba tersebut menolong saudaranya.”

 

Hit (2505)Komentar (0)

*
*
  (Masukkan kode dibawah ini)