pmb

Inspirasi Jilbab


an image

Jilbab merupakan busana panjang yang menutupi seluruh tubuh (kecuali tangan, kaki, dan wajah), memakainya hukumnya wajib bagi wanita, baik muda

Renungan untuk Para Pemuda


an image

Sobat, kecantikan akan pudar, ketampanan akan sirna, kekayaan akan pergi, hanya perbuatan baik yang tetap abadi. Bahkan hingga pemiliknya pergi

BAIK Sih, Tapi Bener Nggak?


an image

Hal-hal yang sering terjadi dalam dunia pertemanan ada dibawah ini dan yang begini sudah dianggap jamak bagi banyak orang, khusunya kaum

Wisuda S1 Keperawatan 2013


an image

Auditorium STIKES Muhammadiyah Pekajangan. Pada hari Senin tanggal 7 Oktober 2013 kembali menggelar Wisuda XII yang merupakan lanjutan dari

Wisuda ke XIII STIKES Muhammadiyah Pekajangan


an image

Sebuah momentum akbar, kembali digelar di auditorium STIKES Muhammadiyah Pekajangan pada tanggal 5 Oktober 2013. Sebuah agenda rutin yang wajib

Pendidikan pengguna perpustakaan atau dikenal sebagai library user education, adalah salah satu langkah awal mengenalkan kepada mahasiswa tentang karakteristik perpustakaan. Dengan adanya pendidikan pengguna perpustakaan maka mahasiswa akan lebih mengenal dan mengetahui apa yang ada di perpustakaan. Tujuan dari kegiatan yang diselenggarakan langsung di ruangan perpustakaan tersebut untuk meningkatkan kualitas pemanfaatan fasilitas yang ada di perpustakaan.

Pada bulan ini program pendidikan pengguna perpustakaan Stikes Muhammadiyah sudah dimulai, dengan peserta mahasiswa tiap Prodi, yaitu DIII Kebidanan, DIII Keperawatan, S1 Keperawatan, S1 Farmasi, S1 Fisioterapi.

 

Ada beberapa manfaat yang dapat diambil dari proses pendidikan pengguna perpustakaan, antara lain:

1.    Agar mahasiswa dapat menggunakan perpustakaan secara efektif dan efisien.

2.    Agar mahasiswa mampu menggunakan sumber-sumber literatur dan dapat menemukan informasi yang relevan dengan permasalahan yang dihadapi.

3.    Memberi pengertian pada mahasiswa akan tersedianya informasi diperpustakaan dalam bentuk cetak ataupun noncetak (digital).

4.    Mengenalkan kepada mahasiswa jenis-jenis koleksi serta ciri-cirinya

5.    Memberikan latihan atau petunjuk dalam menggunakan perpustakaan dan sumber-sumber yang relevan.

6.    Mengembangkan budaya minat baca mahasiswa.

7.    Mempererat jarak antara pustakawan dan mahasiswa.

8.    Menuju mahasiswa belajar mandiri dan melek informasi.

 

Materi-materi yang disampaikan oleh pustakawan kepada anggota perpustakaan meliputi :

1.    Pengenalan gedung dan letak koleksi.

2.    Pengenalan umum dunia perpustakaan.

3.    Penjelasan tata cara dan tata tertib perpustakaan.

4.    Teknik pencarian judul buku katalog online (OPAC).

5.    Cara mencari jurnal ilmiah.

6.    Tips membaca cepat.

 

Tujuan yang ingin dicapai:

1.    Mengenal fasilitas-fasilitas fisik gedung perpustakaan itu sendiri.

2.    Mengenal bagian-bagian layanan dan staf dari tiap bagian secara tepat.

3.    Mengenal layanan-layanan khusus seperti penelusuran melalui komputer, layanan peminjaman, perpanjangan, pengembalian dll.

4.    Mengenal kebijakan-kebijakan perpustakaan seperti prosedur menjadi anggota, jam-jam layanan perpustakaan, dll.

5.    Mengenal pengorganisasian koleksi dengan tujuan untuk mengurangi kebingungan pemakai dalam mencari bahan-bahan yang dibutuhkan.

6.    Termotivasi untuk datang kembali dan menggunakan sumber-sumber yang ada di perpustakaan.

7.    Terjalinnya komunikasi yang akrab antara pemakai dengan pustakawan.

8.    Pengajaran perpustakaan (library instruction)

9.    Melaksanakan teknik-teknik penelusuran informasi dalam sebuah tugas penelitian atau pembuatan karya ilmiah lainnya.

10.  Dapat menemukan buku-buku yang berhubungan dengan subyek khusus melalui katalog online.

11.  Dapat menggunakan alat rujukan khusus seperti ensiklopedi, kamus dsb.

12.  Menemukan koleksi digital dan dapat menggunakannya.

13.  Mengetahui sumber-sumber yang tersedia di perpustakaan lain dan dapat melakukan permintaan peminjaman.

14.  Memahami dna mematuhi tata tertib yang telah ditetapkan perpustakaan.

 

 

Hit (497)Komentar (0)

*
*
  (Masukkan kode dibawah ini)