pmb

Sometimes.... -Des-Quotes-


an image

Manusia bisa salah, agar ia tidak sombong. Manusia bisa benar, agar ia terus berani menapaki masa depan. Siapa pun kita, tentu

OSCA DIII Keperawatan Tahun 2012


an image

Kehidupan mahasiswa tidak pernah terlepas dari yang namanya ujian. Berbagai macam ujian harus dilalui bagi seorang mahasiswa

Jangan Tangisi Apa Yang Bukan Milikmu


an image

Dalam perjalanan hidup ini seringkali kita merasa kecewa. Kecewa sekali. Sesuatu yang luput dari genggaman, keinginan yang tidak

Budayakan Sapa dan Salam


an image

Nabi kita tercinta menganjurkan “Mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan yang tidak kamu kenal”. (HR. Al-Bukhari no. 11,

Tokoh-tokoh Nasional Hadiri Milad Muhammadiyah


an image

Sejumlah tokoh nasional menghadiri peringatan satu abad berdirinya Muhammadiyah yang digelar di Stadin Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu

Teladan Din Samsudin


an image

(Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin ikut kehujanan menyapa puluhan ribu warga Muhammadiyah pada perayaan Milad ke 100 Muhammadiyah

Larut dalam angan-angan masa lalu,mengkhayalkalkan seandainya itu terulang lagi, dan selalu bersedih dengan kejadian yang menyesakkan dada hanyalah pekerjaan orang bodoh dan gila. Jika dibiarkan, hal itu akan memadamkan bara motivasi dan membabat habis harapan masa depan.

Orang yang cerdas justru akan melipat rapat kenangan masa lalu, tidak akan dilihat lagi. Ditutup dalam memori yang harus dilupakan, tidak akan dibuka lagi untuk selamanya. Kenangan pahit itu bagaikan seorang penjahat yang akan diikat dengan tali rantai yang kuat dalam ruang penjara kelupaan, tidak akan pernah dikeluarkan lagi untuk selamanya.

Sang penjahat akan ditutup rapat sehingga tidak lagi dapat melihat cahaya kebebasan yang ada diluar. Sebab, kenangan itu telah berlalu dan usai. Tidak ada kesedihan yang dapat mengembalikan masa lalu. Tidak ada kesusahan yang dapat memperbaiki masa lalu.

Janganlah Anda hidup dalam himpitan masa lalu! Janganlah Anda hidup dibawah payung kenangan masa silam! Selamatkan diri Anda dari bayang-bayang masa lalu! Apakah Anda ingin mengembalikan aliran sungai itu berbalik ke hulu?

Apakah Anda ingin matahari yang telah meninggi itu kembali ke tempat terbitnya? Apakah Anda ingin mengembalikan bayi yang mungil itu ke rahim ibunya? Apakah Anda ingin mengembalikan tetesan air mata itu ke kelopaknya?

Dalam khayalan masa lalu, hanyut dalam kesedihan dan penyesalan, membakar diri Anda dalam api kenangan, dan melemparkan diri Anda dalam cercaan masa lampau hanya membuat hidup Anda hina, berlumur kesedihan, mengerikan, menakutkan, dan mencekam, tidak ada lagi harapan.

Membaca lembaran masa lalu dapat membuyarkan harapan masa depan, mengoyak semangat yang mulai berkobar, dan menghancurkan kesempatan yang menjemput di depan mata. Allah telah memperingatkan umat-umat terdahulu dengan segala yang mereka lakukan. Allah berfirman : “Itu adalah umat yang lalu.” (QS. Al-Baqarah : 134). Semua telah usai dan biarkan berlalu. Tidak ada gunanya kita sibuk memutar balik cerita lama yang membuat kita berpikir negatif.

Orang yang selalu mengulangi masa lalu bagaikan menggiling tepung, namun dia sendiri yang hancur, bagaikan menggergaji kayu, namun dia sendiri yang terpotong. Kebanyakan kita asyik memutar kenangan masa lalu. Kita lupa dengan singgasana yang begitu elok didepan mata.

Manusia seharusnya tidak lagi melihat ke belakang kalau hanya sebuah penyesalan. Janganlah menoleh ke belakang karena angin selalu berhembus ke depan, air selalu mengalir ke depan, kafilah juga berjalan ke depan, janganlah engkau ingkari garis hidup seperti itu.

Anda saat memimpikan masa depan dan ada pula saat untuk mengenang masa lalu, tapi hari ini adalah hari yang paling nyata untuk Anda raih, lakukanlah yang terbaik selagi bisa.

 

Referensi:

A’idh bin Abdullah Al-Qarni (2008). The Secret Of Happines : Pintu-pintu Rahasia Membuka Kebahagiaan Hati. Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu.

Terry Hampton & Ronnie Harper (2004). 99 Cara Untuk Makin Bahagia Setiap Hari.Yogyakarta : Kanisius

Hit (445)Komentar (0)

*
*
  (Masukkan kode dibawah ini)